Desain Permodelan Grafik adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang membuat dan
menciptakan obyek baru berupa seni terapan, arsitektur dan berbagai pencapaian kreatif
lainnya yang direkayasa perangkat lunak merupakan suatu hal yang dilakukan di
tahapan awal untuk pembuatan,penyimpanan,dan manipulasi model dan citra.
Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan apabila ingin membangun model
obyek. Hal-hal tersebut meliputi metode untuk mendapatkan atau membuat data
yang mendeskripsikan obyek, tujuan dari model, tingkat kerumitan, perhitungan
biaya, kesesuaian dan kenyamanan, dan kemudahan manipulasi model.
Proses permodelan 3D
membutuhkan perancangan yang dibagi dengan beberapa tahapan untuk
pembentukannya. Seperti obyek apa yang ingin dibentuk sebagai obyek dasar,
metode permodelan obyek 3D, pencahayaan dan animasi gerakan obyek sesuai dengan
urutan proses yang akan dilakukan.
v Motion Capture / 2D
Langkah awal untuk menentukan
bentuk model yang akan dibangun dalam bentuk 3D. penekanannya adalah obyek
berupa gambar wajah yang sudah dibentuk intensitas warna tiap pixelnya dengan
metode Image Adjustment Brightness/contrast, Image Colour Balance, Layer
Multiply, dan tampilan Convert Mode RGB dan format JPEG.
Tahap rekayasa hasil obyek 2D
dapat dilakukan dengan aplikasi program grafis. Pada tahap permodelan 3D
dimaksud dilakukan secara manual. Dengan basis obyek 2D yang sudah ditentukan
sebagai acuan. Permodelan obyek 3D memiliki corak yang berbeda dalam
pengolahannya, corak tersebut penekananya terletak pada permukaan obyek.
v Dasar Metode Modeling 3D
Ada
beberapa metode permodelan obyek 3D yang disesuaikan dengan kebutuhannya
seperti nurbs dan polygon atau subdivision. Modeling polygon merupakan bentuk
segitiga dan segiempat yang menentukan area dari permukaan sebuah karakter. Untuk
mendapatkan permukaan yang halus, dibutuhkan banyak bidang polygon. Bila hanya
menggunakan sedikit polygon, maka object yang didapat akan terbagi sejumlah
pecahan polygon.
Sedangkan Modeling dengan NURBS (Non-Uniform
Rational Bezier Spline) merupakan metode paling populer untuk membangun sebuah
model organik. . Kurva pada Nurbs dapat dibentuk dengan hanya tiga titik saja.
Dibandingkan dengan kurva polygon yang membutuhkan banyak titik (verteks)
metode ini lebih memudahkan untuk dikontrol. Satu titik CV (Control verteks)
dapat mengendalikan satu area untuk proses tekstur.
v Proses Rendering
Rendering adalah proses akhir
dari keseluruhan proses permodelan ataupun animasi computer. Dalam rendering,
semua data-data yang sudah dimasukkan dalam proses modeling, animasi,
texturing, pencahayaan dengan parameter tertentu akan diterjemahkan dalam
sebuah bentuk output. Dalam standar PAL system resolusi sebuah render adalah
720 x 576 pixels.
Bagian
rendering yang sering digunakan :
a.
Field rendering : untuk
mengurangi strobing effect yang disebabkan gerakan cepat dari sebuah obyek
dalam rendering video.
b.
Shader : sebuah tambahan yang
digunakan dalam 3D software tertentu dalam proses special rendering. Diperlukan
untuk memenuhi kebutuhan special effect tertentu, seperti lighting effect,
atmosphere, dan fog.
v Texturing
Untuk
menentukan karakteristik sebuah materi obyek dari segi tekstur. Untuk materi
sebuah obyek bisa digunakan aplikasi property tertentu seperti reflectivity,
transparency, dan refraction. Texture bisa digunakan untuk mengcreate berbagai
variasi warna patern, tingkat kehalusan / kekasaran sebuah lapisan obyek secara
detail.
v Image dan Display
Biasanya
obyek pemodelan yang menjadi output adalah berupa gambar untuk kebutuhan
koreksi pewarnaan, pencahayaan, atau visual effect yang dimasukkan pada tahap
teksturing permodelan. Output images memiliki Resolusi tinggi berkisar Full
1280/Screen berupa file dengan JPEG, TIFF, dan lain-lain.
Dalam
tahap display, menampilkan sebuah bacth Render, yaitu pemodelan yang dibangun,
dilihat, dijalankan dengan tool animasi. Selanjutnya dianalisa apakah model
yang dibangun sudah sesuai tujuan. Output dari Display ini adalah berupa *.Avi,
dengan Resolusi maksimal Full 1280/Screen dan file *.JPEG.
Desain permodelan grafik sangat berkaitan dengan
grafik komputer. Berikut adalah kegiatan yang berkaitan dengan grafik komputer:
- Pemodelan geometris : menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D.
- Rendering : memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
- Animasi : Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behaviour objek bergantung waktu.
- Graphics Library/package (contoh : OpenGL) adalah perantara aplikasi dan display hardware(Graphics System).
- Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library.
- Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra.
- Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, disain, manufaktur, visualisasi dll.
Permodelan Geometris
Transformasi dari suatu konsep ke suatu model
geometris yang bisa ditampilkan pada satu computer :
a.
Shape/bentuk
b.
Posisi
c.
Orientasi ( cara pandang )
d.
Surface properties / ciri-ciri
permukaan ( warna tekstur )
e.
Volumetric properties /
ciri-ciri volumetric
f.
Light / cahaya
Permodelan geometris rumit :
a. Jala-jala segi banyak: suatu koleksi yang besar dari segi bersudut
banyak, dihubungkan satu sama lain.
b. Bentuk permukaan bebas: menggunakan fungsi polynomial tingkat rendah.
c. CSG: membangun suatu bentuk dengan menerapkan operasi boolean pada
bentuk yang primitif.
Elemen-elemen pembentuk Grafik Geometri
Pemrosesan citra untuk ditampilkan di layar
Hardware Display Grafik : Vektor
- Vetor (calligraphic, stroke, random-scan)
- Arsitektur Vektor
Hardware Display Grafik : Raster
- Raster (TV, bitmap, pixmap), digunakan dalam layar dan laser printer
- Arsitektur Raster
v
Animasi Komputer
Animasi komputer yaitu sebuah seni membuat gambar bergerak melalui komputer. Biasanya dipergunakan dalam sebuah film animasi bermodal besar. Akan tetapi film bukan animasi juga banyak yang menggunakan teknik seperti ini juga.
Animasi komputer yaitu sebuah seni membuat gambar bergerak melalui komputer. Biasanya dipergunakan dalam sebuah film animasi bermodal besar. Akan tetapi film bukan animasi juga banyak yang menggunakan teknik seperti ini juga.
v
Vector graphics
grafik vektor merupakan representasi dari gambar dengan berupa array pixel. Dimana keunggulannya adalah pada resolusi berapapun dan tingkat pembesaran apapun gambar yang dihasilkan tetap(tidak blur atau pecah)
grafik vektor merupakan representasi dari gambar dengan berupa array pixel. Dimana keunggulannya adalah pada resolusi berapapun dan tingkat pembesaran apapun gambar yang dihasilkan tetap(tidak blur atau pecah)
v
Pixel Art
Berbeda dengan vector graphics, Pixel art adalah sebuah bentuk seni digital, yang diciptakan melalui penggunaan perangkat lunak grafik raster di mana gambar akan diedit pada tingkat pixel. Pixel art dapat ditemukan pada komputer atau game-game yang relatif tua, dan juga dapat ditemukan pada telepon genggam.
Berbeda dengan vector graphics, Pixel art adalah sebuah bentuk seni digital, yang diciptakan melalui penggunaan perangkat lunak grafik raster di mana gambar akan diedit pada tingkat pixel. Pixel art dapat ditemukan pada komputer atau game-game yang relatif tua, dan juga dapat ditemukan pada telepon genggam.
v
Grafis Komputer 2D
Grafik komputer 2D pembuatan objek gambar yang masih berbasis gambar dengan perspektif 2 titik sebagai contoh adalah:gambar teks,bangun 2D seperti segitiga,lingkaran dsb. Grafik komputer 2D kebanyakan digunakan pada aplikasi yang digunakan hanya untuk mencetak dan menggambar seperti tipografi, gambar, kartun,iklan, poster dll.
Grafik komputer 2D pembuatan objek gambar yang masih berbasis gambar dengan perspektif 2 titik sebagai contoh adalah:gambar teks,bangun 2D seperti segitiga,lingkaran dsb. Grafik komputer 2D kebanyakan digunakan pada aplikasi yang digunakan hanya untuk mencetak dan menggambar seperti tipografi, gambar, kartun,iklan, poster dll.
v
Grafik Komputer 3D
Grafik komputer 3D merupakan suatu grafis yang menggunakan 3 titik perspektif dengan cara matematis dalam melihat suatu objek, dimana gambar tersebut dapat dilihat secara menyeluruh dan nyata. Untuk perangkat-perangkat lunak yang digunakan untuk grafik komputer 3D ini banyak bergantung pada aloritma-algoritma.
Grafik komputer 3D merupakan suatu grafis yang menggunakan 3 titik perspektif dengan cara matematis dalam melihat suatu objek, dimana gambar tersebut dapat dilihat secara menyeluruh dan nyata. Untuk perangkat-perangkat lunak yang digunakan untuk grafik komputer 3D ini banyak bergantung pada aloritma-algoritma.
Daftar Software Desain Grafis
- Desktop publishing
- Adobe Photoshop
- Adobe Illustrator
- Adobe Indesign
- Page Maker
- Coreldraw
- GIMP
- Inkscape
- Adobe Freehand
- Adobe image ready
- CorelDraw
- Webdesign
- Macromedia Dreamweaver
- Microsoft Frontpage
- Notepad
- Adobe Photoshop
- Audiovisual
- Adobe After Effect
- Adobe Premier
- Final Cut
- Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
- Ulead Video Studio
- Magic Movie Edit Pro
- Power Director
- Rendering 3 Dimensi
- 3D StudioMax
Sumber :
No comments:
Post a Comment