University Gunadarma World Class

Apapun yang Anda perjuangkan melalui pertarungan – pasti merupakan sesuatu yang penting bagi Anda. Itu sebabnya Anda dikenal dari apa yang Anda pertarungkan

Thursday, December 2, 2010

Manipulasi Gambar 3D


- Sejarah Tentang Blender™ .
Pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo. NeoGeo adalah berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton Roosendaal selain bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab atas pengembangan software internal.
Pada tahun 1995 muncullah sebuah software yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blender memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis diluar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat computer yang umum
Sayangnya ambisi NaN tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu. Tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil NaN lalu meluncurkan software komersial pertamanya, Blender Publisher. Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif. Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup. Punutupan ini termasuk penghentian terhadap pengembangan Blender.
Karena tidak ingin Blender hilang ditelan waktu begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah tersu mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source. Pada tahun 2002 Blender dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License. Pengembangan Blender tersu berlanjut hingga saat ini.

- Kelebihan Blender™.

Blender merupakan salah satu program "Modeling 3D dan Animation", tapi Blender mempunyai
kelebihan sendiri dibandingkan program modeling 3D lainnya.
Kelebihan yang dimiliki Blender adalah dapat membuat game tanpa menggunakan program
tambahan lainnya, Karena Blender sudah memiliki "Engine Game" sendiri dan menggunakan "Python"
sebagai bahasa pemograman yang lebih mudah ketimbang menggunakan C++,C, dll.
Blender menggunakan “OpenGL” sebagai render grafiknya yang dapat digunakan pada
berbagai macam “OS” seperti Windows, Linux dan Mac OS X.







- Contoh Gambar Dengan Menggunakan Blender™.

Animasi 3D

Definisi 3D atau 3 dimensi yang dimaksud setiap objek tiga dimensi mempunyai lebar tinggi dan kedalaman. 3D adalah dimensi yang memiliki ruang,jika kita menunjuk kepada objek 3D artinya objek tersebut memiliki ruang atau volume. Objek 3D juga memiliki lokasi paa koordinat X,Y dan Z. jika pada bidang 2 dimensi,kita hanya dapat menggerakan objek tersebut kesamping,kekanan dan kekiri berbeda dengan objek 3 Dimensi yang bisa digerakan ke depan dan kebelakang Seperti pada gambar dibawah ini :

Dalam software 3 Dimensi umumnya tiap tiap objek meiliki sub-objek/elemen elemen yang membentuk dirinya. Elemen tersebut biasa disebut vertex,edge dan face. Vertex merupakan sebuah titik yang terletak antara koordinat X,Y dan Z tertentu. 2 vertex jika dihubungkan akan membentuk ebuah edge. Vertex dalam bentuk jamak (berjumlah lebih dari 1) biasa disebut vertices. Istilah ini lebih berkaitan dengan perbedaan kata bentuk jamak dan tunggal bahasa inggris,dimana kata kata itu di luar kata kaa tertentu yang khusus biasanya hanya perlu di tambahkan huruf s atau huruf es di belakangnnya untuk menunjukan bentuk jamak(faces,edges,mesches , dst).
Grafik 3 dimensi grafik yang di paparkan dalam bentuk 3 dimensi pada paksi x,y, dan z. Animasi 3 dimensi merupakan manipulasi imej dan objek 3D dalam bentuk animasi menggunakan kaedah permodelan(odeling),pemetaan(mapping) pencahayaan(lighting),penggunaan kamera(camera),animasi(anation) dan proses render(rendering) yang terdapat dalam perisian animasi 3 dimensi.
Berikut contoh animasi 3D :

Asas 3 dimensi :
1.      Objek geometri asas,membina sfera kiub,silinder dan kuboid(primitif)
2.      Objek geometri lanjutan,untuk manipulasi objek asas(organic)
3.      Studio perisian 3D seperti 3D Studio Max,Lightwave.
4.      Bahan matriallis,untuk pemetaan pada objek seperti plastic,batu,kayu,kaca,atau grafik yang ingin dilukis.
5.      Kamera maya,untuk merekam babak(scene) menggunakan kaedah pengambaran berbagai sudut dan focus.
6.      Fungsi animasi (export movis) ,untuk penukaran file 3D enjadi file AVI,MPEG,MOV.
Pada software 3D untuk membuat sebuah gerakan umumnya hanya memerlukan berberapa frame kunci atau keyframe. Dengan keyframe,anda hanya perlu menentukan posisi objek yang penting pada waktu waktu yang ditentukan sedangkan jarak frame yang kosong diantara tiap keyframe dihitung secara otomatis oleh computer. Teknik keyframe sebenarnya bukan monopoli software 3D saja,beberapa software 2D seperti macromedia flash atau adobe after efet juga mempergunakan teknik ini.


No comments:

Post a Comment