- Sejarah Tentang Blender™ .
Pada tahun 1988 Ton Roosendaal
mendanai perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo.
NeoGeo adalah berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di
Belanda dan salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton Roosendaal
selain bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab atas
pengembangan software internal.
Pada tahun 1995 muncullah sebuah software yang pada
akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blender memiliki potensi
untuk digunakan oleh artis –artis diluar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton
mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk mengembangkan dan
memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah
software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis dan dapat digunakan
oleh masyarakat computer yang umum
Sayangnya ambisi NaN tidak sesuai dengan kenyataan pasar
saat itu. Tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil NaN
lalu meluncurkan software komersial pertamanya, Blender Publisher. Sasaran
pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif. Angka penjualan yang rendah
dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup.
Punutupan ini termasuk penghentian terhadap pengembangan Blender.
Karena tidak ingin Blender hilang ditelan waktu begitu
saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama Blender
Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah tersu mempromosikan dan
mengembangkan Blender sebagai proyek open source. Pada tahun 2002 Blender
dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License. Pengembangan
Blender tersu berlanjut hingga saat ini.
- Kelebihan Blender™.
Blender merupakan salah satu program "Modeling 3D dan
Animation", tapi Blender mempunyai
kelebihan sendiri dibandingkan program modeling 3D lainnya.
Kelebihan yang dimiliki Blender adalah dapat membuat game tanpa menggunakan program
tambahan lainnya, Karena Blender sudah memiliki "Engine Game" sendiri dan menggunakan "Python"
sebagai bahasa pemograman yang lebih mudah ketimbang menggunakan C++,C, dll.
Blender menggunakan “OpenGL” sebagai render grafiknya yang dapat digunakan pada
berbagai macam “OS” seperti Windows, Linux dan Mac OS X.
kelebihan sendiri dibandingkan program modeling 3D lainnya.
Kelebihan yang dimiliki Blender adalah dapat membuat game tanpa menggunakan program
tambahan lainnya, Karena Blender sudah memiliki "Engine Game" sendiri dan menggunakan "Python"
sebagai bahasa pemograman yang lebih mudah ketimbang menggunakan C++,C, dll.
Blender menggunakan “OpenGL” sebagai render grafiknya yang dapat digunakan pada
berbagai macam “OS” seperti Windows, Linux dan Mac OS X.
- Contoh
Gambar Dengan Menggunakan Blender™.
Animasi
3D
Definisi 3D atau 3 dimensi yang dimaksud setiap
objek tiga dimensi mempunyai lebar tinggi dan kedalaman. 3D
adalah dimensi yang memiliki ruang,jika kita menunjuk kepada objek 3D artinya
objek tersebut memiliki ruang atau volume. Objek 3D juga memiliki lokasi paa
koordinat X,Y dan Z. jika pada bidang 2 dimensi,kita hanya dapat menggerakan
objek tersebut kesamping,kekanan dan kekiri berbeda dengan objek 3 Dimensi yang
bisa digerakan ke depan dan kebelakang Seperti pada gambar
dibawah ini :
Dalam software 3 Dimensi umumnya tiap tiap objek
meiliki sub-objek/elemen elemen yang membentuk dirinya. Elemen tersebut biasa
disebut vertex,edge dan face. Vertex
merupakan sebuah titik yang terletak antara koordinat X,Y dan Z tertentu. 2
vertex jika dihubungkan akan membentuk ebuah edge. Vertex dalam bentuk jamak
(berjumlah lebih dari 1) biasa disebut vertices.
Istilah ini lebih berkaitan dengan perbedaan kata bentuk jamak dan tunggal
bahasa inggris,dimana kata kata itu di luar kata kaa tertentu yang khusus biasanya
hanya perlu di tambahkan huruf s atau huruf es di belakangnnya untuk menunjukan
bentuk jamak(faces,edges,mesches , dst).
Grafik 3 dimensi grafik yang di paparkan dalam
bentuk 3 dimensi pada paksi x,y, dan z. Animasi 3 dimensi merupakan manipulasi
imej dan objek 3D dalam bentuk animasi menggunakan kaedah
permodelan(odeling),pemetaan(mapping) pencahayaan(lighting),penggunaan
kamera(camera),animasi(anation) dan proses render(rendering) yang terdapat
dalam perisian animasi 3 dimensi.
Berikut contoh animasi 3D :
Asas 3 dimensi :
1. Objek
geometri asas,membina sfera kiub,silinder dan kuboid(primitif)
2. Objek
geometri lanjutan,untuk manipulasi objek asas(organic)
3. Studio
perisian 3D seperti 3D Studio Max,Lightwave.
4. Bahan
matriallis,untuk pemetaan pada objek seperti plastic,batu,kayu,kaca,atau grafik
yang ingin dilukis.
5. Kamera
maya,untuk merekam babak(scene) menggunakan kaedah pengambaran berbagai sudut
dan focus.
6. Fungsi
animasi (export movis) ,untuk penukaran file 3D enjadi file AVI,MPEG,MOV.
Pada software 3D untuk membuat sebuah gerakan
umumnya hanya memerlukan berberapa frame kunci atau keyframe. Dengan
keyframe,anda hanya perlu menentukan posisi objek yang penting pada waktu waktu
yang ditentukan sedangkan jarak frame yang kosong diantara tiap keyframe dihitung
secara otomatis oleh computer. Teknik keyframe sebenarnya bukan monopoli
software 3D saja,beberapa software 2D seperti macromedia flash atau adobe after
efet juga mempergunakan teknik ini.
No comments:
Post a Comment