University Gunadarma World Class

Apapun yang Anda perjuangkan melalui pertarungan – pasti merupakan sesuatu yang penting bagi Anda. Itu sebabnya Anda dikenal dari apa yang Anda pertarungkan

Wednesday, March 10, 2010

Procedure Lanjutan pada Bahasa Cobol


Nama Program : COBOL

Nama File : PERT2.COB

Listing Program :




Compile :


gambar 1 ( mencompile program dalam cobol )

Output :

gambar 2 (merunning Program dalam cobol)

gambar 3 (menapilkan menu program 1. PENJUMLAHAN)

gambar 4 (menapilkan menu program 2. PENGURANGAN)

gambar 5 (menapilkan menu program 3. PERKALIAN)

gambar 6 (menapilkan menu program 4. PEMBAGIAN)

gambar 7 (menapilkan menu program 5. EXIT)


Logika Program

IDENTIFICATION DIVISION

PROGRAM-ID. HITUNG.

ENVIRONMENT DIVISION.

DATA DIVISION.

WORKING-STORAGE SECTION

v Pada bagian ini adalah bagian untuk memberi nama program, mengetahui informasi tentang program tersebut; nama pembuat, instalasi,tanggal pembuatan, dll.

v lalu dilanjutkan dengan itu sendiri.

v divisi yang berguna menyediakan peralatan yang digunakan dalam program.

v hanya berisi statement-statement yang akan digunakan untuk input/output program. Yang mana pada program ini user juga akan menggunakan statement kondisi (IF), data division selalu di ikuti dengan dimana seluruh proses/statement akan tersimpan.


77 PILIHAN PIC 9.

01 OPERAND.

02 OPR1 PIC 9(3)V9.

02 OPR2 PIC 9(3)V9.

02 HASIL PIC 9(8)V9.

v <77> adalah level number dimana level number 77 ini berdiri sendiri, pilihan pada level number ini akan meminta input yang mana karakter numeric yang disediakan hanya 1 angka.

v <01> level number ini adalah level number record/grup data item, maka OPERAND adalah nama data yang dapat dipanggil pada procedure division.

v <02> level number yang menjadi sub-program dari 01, dimana data yang akan di input didalamnya yaitu dengan karakter numeric yang disediakan 3 angka di depan koma dan 1 angka dibelakang koma, begitu juga dengan , dan hasil dengan karakter numeric yang disediakan 8 di depan koma, 1angka dibelakang koma.


01 LAGI PIC A.

88 IYA VALUE 'y' , 'Y'.

88 TIDAK VALUE 'T' , 't'.

v <01> nama data ‘lagi’ dengan level number 01 membentuk suatu grup dengan karakter alphabet yang disediakan 1 huruf. Isi data lagi disini menggunakan level number <88> dimana level number ini adalah level number untuk mengawali sebuah kondisi, atau dalam procedure division nati akan digunakan seleksi kondisi pada data ini.


SCREEN SECTION.

01 HAPUS-LAYAR.

02 BLANK SCREEN.

v bagian ini berisi perintah <01> juduldari perintahnya adalah hapus-layar diletakkan pada level number 01, isi perintahnya adalah <02> screen>, yang mana pada saat section ini dipanggil, layar akan bersih kembali.


01 MENU-PILIHAN.

02 LINE 5 COLUMN 15 VALUE 'MENU'

FOREGROUND-COLOR 3 HIGHLIGHT BLINK.

02 LINE 7 COLUMN 8 VALUE '1.PENJUMLAHAN'.

02 LINE 8 COLUMN 8 VALUE '2.PENGURANGAN'.

02 LINE 9 COLUMN 8 VALUE '3.PERKALIAN'.

02 LINE 10 COLUMN 8 VALUE '4.PEMBAGIAN'.

02 LINE 11 COLUMN 8 VALUE '5.KELUAR'.

02 LINE 13 COLUMN 8 VALUE 'PILIHAN:'.

02 COLUMN PLUS 2 PIC 9 TO PILIHAN REQUIRED.

01 INPUTAN.

02 LINE 17 COLUMN 8 VALUE 'MASUKAN BILANGAN KE 1:'.

02 COLUMN PLUS 2 PIC 9(3)V99 TO OPR1 REQUIRED.

02 LINE 18 COLUMN 8 VALUE 'MASUKAN BILANGAN KE 2:'.

02 COLUMN PLUS 2 PIC 9(3)V99 TO OPR2 REQUIRED.

01 KELUARAN.

02 LINE 20 COLUMN 8 VALUE 'HASILNYA :'.

02 COLUMN PLUS 2 PIC 9(7)V99 FROM HASIL.

v <01> data menu-pilihan dengan level number 01 membentuk sutu grup dengan isi data yang dimulai dari level number <02>, dengan mencetak MENU pada output di baris ke-5 kolom 15 dengan efek latar belakang tulisan dan tulisan terlihat lebih terang,

o mencetak 1.PENJUMLAHAN di baris ke-7 kolom 8,

o mencetak 2.PENGURANGAN di baris ke-8 kolom 8,

o mencetak 3.PERKALIAN di baris ke-9 kolom 8,

o mencetak 4.PEMBAGIAN di baris ke-10 kolom 8,

o mencetak 5.KELUAR di aris ke-11 kolom 8, mencetak PILIHAN: di baris ke-13 kolom 8 lalu maksudnya adalah saat tercetak kata PILIHAN : space 2 karakter/kolom user akan menginput pilihannya (begitu seterusnya-berulang).

v <01> data inputan dengan level number 01 membentuk data masukkan bilangan, yaitu bilangan 1 dan 2, yang mana bilangan1 sebagai opr1 dan bilangan2 sebagai opr2. Sama seperti statement sebelumnya, setelah tercetak MASUKAN BILANGAN KE 1 : space 2 karakter/kolom user akan meng-input bilangan yang di inginkan dan disimpan pada variable opr1 dan opr2 yang telah di deklarasikan sebelumnya.

v <01> data keluaran dengan level number 01, dimana memiliki isi data HASILNYA yang akan dicetak pada baris 20 kolom 8 dan hasil perhitungan pada kolom ditambah 2 space setelah tercetak kata HASILNYA : dengan banyak karakter aritmatik 7 di depan koma, 2 dibelakang koma.


PROCEDURE DIVISION.

MULAI.

DISPLAY HAPUS-LAYAR.

DISPLAY MENU-PILIHAN.

ACCEPT MENU-PILIHAN.

v isi dari instruksi-instruksi untuk menghasilkan sebuah output yang mana statement-statement telah di input pada bagian data division.

v hanya sebagai instruksi/judul tambahan untuk memulai merancang output, mana yanga akan ditampilkan terlebih dahulu.

v maka lakukan perintah yang ada pada section hapus-layar yaitu blank screen (membersihkan layar).

v tampilkan section menu pilihan dan jalankan menu yang telah dipilih/di input user.

SELEKSI.

IF PILIHAN = 1

GO TO PIL1.

IF PILIHAN = 2

GO TO PIL2.

IF PILIHAN = 3

GO TO PIL3.

IF PILIHAN = 4

GO TO PIL4.

IF PILIHAN > 4

GO TO SELESAI.

v hanya sebagai judul dari seleksi kondisi yang akan digunakan, dimana jika pilihan yang di input user adalah 1, maka lakukan perintah yang ada di pil1, begitu seterusnya.


PIL1.

DISPLAY (15, 8) '++PENJUMLAHAN++'.

DISPLAY INPUTAN.

ACCEPT INPUTAN.

COMPUTE HASIL = OPR1 + OPR2 .

DISPLAY KELUARAN.

GO TO MAU-LAGI.

v judul dari statement-statement yang akan dijalankan.

v cetak ++PENJUMLAHAN++ pada baris 15 kolom 8.

v tampilkan section inputan dan jalankan statement-statement yang ada pada section inputan tersebut. Dengan perhitungan aritmatikanya hasil sama dengan bilangan1 ditambah bilangan2.

v tampilkan yang ada pada judul section keluaran.

v berlanjut/pergi ke section mau-lagi, yang mana akan muncul/tercetak pertanyaan MAU NGITUNG LAGI?? dengan jawaban Y/T.

v Begitu juga untuk , , , . Hanya saja pada pilihan ke-2 operasi yang digunakan adalah pengurangan, pilihan ke-3 operasi perkalian, pilihan ke-4 operasi pembagian (pada operand1 dan operand2), sedangkan pilihan ke-5 hanya untuk mengakhiri proses program (selesai).


MAU-LAGI.

DISPLAY (23, 4) 'MAU NGITUNG LAGI [Y/T] ? '

ACCEPT( , ) LAGI.

IF IYA GO TO MULAI

ELSE IF TIDAK GO TO SELESAI.

SELESAI.

STOP RUN.

v section dengan judul mau-lagi yang akan mencetak pertanyaan MAU NGITUNG LAGI [Y/T]?, simpan jawaban yang di input user. jika iya berlajnut/pergi ke section berjudul mulai, tapi jika tidak pergi section berjudul selesai.

v hanya sebagai instruksi/judul tambahan untuk member tanda mengakhiri sebuah program.

v penutup program atau mengakhiri program cobol.

Pengenalan Bahasa Cobol



Listing Program (COBOL)

Nama file : yansen.cob

Listing program :

OutPut Program :


Untuk mengcompile Program Untuk merunning Program





Logika program :

data division.

working-storage section.

01 Data.

02p pic 9 (3)

02 l pic 9 (3)

02 luas pic 9(4).

v Dimulai pada kolom 8 penulisan data yang dibentuk dalam data division dengan penyimpanan data yang diada pada (working-storage section) yaitu data dengan level number utama (01) dan mempunyai anak p = panjang dan l = lebar dan luas dengan level number (02). p & l dideklarasikan oleh “ pic 9” dengan nilai 3 karakter saja dan tidak dibenarkan untuk menginput angka 0, sedangkan luas dideklarasikan dengan “ pic 9” 4 karakter.

procedure division.

mulai.

display 'nilai panjang ='.

accept p.

display 'nilai lebar ='.

accept l.

multiply p by l giving luas.

display 'luas persegi panjang ='.

display luas.

stop run.

v Procedure devision adalah tempat untuk melakukan perintah (cetak, input, dan perhitungan) yang akan dijalankan pada divisi ini. Lalu prosedur atau instruksi akan dimulai dengan mengeluarkan output. “multiply p by l giving luas” Dimana nilai panjang dan nilai lebar dikalikan dan menyimpan hasil perhitungan aritmatika tersebut kedalam luas, lalu tampilkan hasil luas yang telah disimpan pada perhitungan tersebut.


Struktur Program Cobol :



Keterangan :


v Division, merupakan bagian utama dari program COBOL dan selalu diawali dengan judul division; identification division, environment division, data division, procedure division.

v Section, kumpulan dari paragraph yang selalu diawali dengan judul devision.

v Paragraph, grup dari kalimat (sentence) di dalam Procedure Division yang selalu diawali dengan nama/judul paragraph.

v Sentence, kumpulan dari statement-statement yang membentuk sutu kalimat yang biasanya diakhiri dengan tanda titik.

v Statement, kumpulan dari kata-kata yang memiliki arti untuk menjalankan program yang juga merupakan bagian dari entry.

v Phrase, grup kata yang merupakan bagian dari statement atau clause

Saturday, March 6, 2010

ZMP RoboCar G, Mobil Listrik Robotik Segera Hadir Bulan November 2010

ZMP RoboCar G, Mobil Listrik Robotik Segera Hadir Bulan November 2010

Wawah indonesia makin tertinggal dalam perkembangan teknologi sama jepang

Jepang memang dikenal sebagai negara yang sangat antusias mengembangkan bidang robotik(jepang aja bisa masa kita g bisa ayu semangat). Berbagai lembaga dan perusahaan di sana berlomba-lomba berinovasi dalam menghasilkan karya spektakulernya.

Salah satu perusahaan asal Jepang, ZMP Inc, kini tengah mengembangkan produk robotik dan edukasi. Di samping memproduksi ZMP e-nuvo series, perusahaan tersebut juga menawarkan beberapa tipe robot. Tahun 2009 lalu, perusahaan tersebut meluncurkan prototipe RoboCar yang mana konsep tersebut kini dibuat lebih besar dengan 1 buah kursi di dalamnya, produk ini dinamai RoboCar G.

Kabarnya pengembangan RoboCar G akan dilaksanakan hingga bulan November 2010 mendatang. Begitu pula mengenai harga produk ini belum ada bocoran sama sekali. Tunggu saja.

Berikut video mengenai ZMP RoboCar G :

langsung aja liat ke url nya neh

http://www.beritateknologi.com/zmp-robocar-g-mobil-listrik-robotik-segera-hadir-bulan-november-2010/


jepang dasyat benar ya....bisa ngebuat mobil listrik...yg pasti nya akan mengurangi polusi + kekeringan SDA....seperti minyak....gas...air...hidrolik....


referensi

http://www.beritateknologi.com/zmp-robocar-g-mobil-listrik-robotik-segera-hadir-bulan-november-2010/

Intel Umumkan Processor Itanium 9300 Tukwila

Intel Umumkan Processor Itanium 9300 Tukwila

Nah ini proccessor intel terbaru.....

Intel memang tidak diragukan lagi sebagai produsen pembuat processor handal. Predikatnya yang telah ngebuming diseluruh dunia sepertinya tak ingin dilepas sedikitpun oleh pihak Intel. Itulah yang mungkin memotivasinya untuk terus berinovasi di tengah persaingan ketatnya dengan berbagai produsen yang kini juga terus melempar produk-produk processor terbaru di pasaran.

Kali ini pihak Intel memperkenalkan processor Itanium 9300 atau yang dinamai Tukwila. Processor teranyar ini sudah dibundel dengan 2 juta transistor di dalamnya. Ini merupakan processor 4-core dan 8-core. Tentu saja nantinya mesin komputer yang menggunakannya pun akan semakin gesit dan tangguh, selain itu juga mengurangi resiko error pada hardware, firmware dan sistem operasi. Ini merupakan generasi kedua dari teknologi Intel Virtualization demi meningkatkan performa mesin dan daya tahannya.

Dalam pengembangan processor ini, digunakan pula teknologi Intel QuickPath Interconnect Scalable Memory dan juga teknologi Scalable Memory Interconnect. Kabarnya processor Itanium 9300 ini amat sangat terbatas diproduksi. Pihak Intel hanya akan memproduksi 1000 buah processor Itanium 9300. Kabarnya kisaran harga dari processor ini sendir berkisar 946 USD sampai dengan 3.838 USD (sekitar 9,5 juta rupiah sampai dengan 38,4 juta rupiah). nah maal banget khan....maka bagi kamu parah penggila update komputer segera menghemat uang jajan + hidup kere sementara buat bli ini processor tercanggih.......tosh......


Referensi

http://www.beritateknologi.com/intel-umumkan-processor-itanium-9300-tukwila/

LG Perkenalkan Watchphone Terbaru Di Brazil

LG Perkenalkan Watchphone Terbaru Di Brazil


Setelah kehadirannya tahun 2009 yang lalu sempat mencuri perhatian, LG GD910 sebagai watchphone termahal tampaknya kini akan segera mendapatkan penggantinya. Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya kini telah ada bukti kuat bahwasanya baru-baru ini LG telah memperkenalkan pose watchphone terbarunya selama penyelenggaraan LG Digital Experience di Brazil.

Seperti yang terlihat pada foto terbaru, watchphone terbaru tersebut lebih mirip dengan watchphone pendahulunya yaitu tetap dengan menmpilkan sisi tebalnya. Headset Bluetooth juga terlihat sama seperti yang diberikan bersama GD910. Namun demikian, ada dua perbedaan besar dalam desain yaitu tepi oval dan keberadaan posisi logo LG.

Terkait kemunculan watchphone terbaru tersebut, LG menolak untuk memberikan rincian tambahan sejauh ini. Hm, kita tunggu saja nanti!

Gila jam tangan ud berubah jadi hp......kehebatan apa lagi yang akan di tunjukan para IT dunia laen nya ya......ene masi lauching di brazil kita tgg aja kapan ini jam ngebuming di indonesia

referensi

http://www.beritateknologi.com/lg-perkenalkan-watchphone-terbaru-di-brazil/
Intel Umumkan Processor Itanium 9300 Tukwila

Friday, March 5, 2010

Cara Menghilangkan Proctec Flash Disk Dengan Cara Format


PADA AWAL-nya GW SEMPET KENA INI PROBLEM.......

<<

<<<>


<<<>


hal yang pertama w lakuin minta tolonk mbah google buat ngasih2 tip's n trick nya.....

NAH DISINI W KHAN NGASI SOLUTION PROBLEM...DENGAN CARA FORMAT supaya kalian g ush repot lagi serching2 ke mbah google yang punya tak terhingga jurus2 maut menyelesaikan problem apa pun...

langkah 1

Lw buka control panel --> klik 2x pada administartive Tools --> klik Computer Management --> pilih Disk Management --> care local flasd disk lw yang mw di format.....lalu klik kotak biru yang ada dibawah sampe tuh kotak bergaris --> klik kanan langsung format....deh.....

Biar lbh jelas w masuk gambar tutor nya....

Langkah 2

sama hal kaya diatas tp dia lewat file....klik file pada menu bar --> options --> delete file --> ok

jangan lupa pasti khan kotak local disk FD anda sudah bergaris....


Selamat mencoba....ya.....Semoga sukses

Wednesday, March 3, 2010

Perkembangan Web Hingga Aplikasi Web 2.0

WWW atau disebut juga web mulanya adalah aplikasi untuk menyimpan & menampilkan teks. Pertama kali dibumingkan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1989. Perkembangan teknologi terutama tampilan grafis membuat aplikasi untuk menampilkan web atau biasa disebut web browser juga mampu menampilkan gambar, suara, dan animasi, atau video.


Menurut Tim Berners-Lee sebenarnya tidak ada perbedaan fundamental antara “Web 1.0” dengan “Web 2.0”. Karena teknologinya tetap sama-sama dibangun dengan HyperText Markup Language (HTML). HTML adalah bahasa yang digunakan untuk menyusun konten suatu web.


Tim O’Reilly sebagai orang yang memperkenalkan istilah Web 2.0 sebenarnya pun tidak mengatakan bahwa Web 2.0 sama sekali berbeda. Ia mengakui bahwa Web 2.0 merupakan aplikasi berbasis web yang diperkaya oleh serangkaian aplikasi lain. Dalam artikelnya yang bersejarah dan banyak dikutip untuk menjelaskan Web 2.0, ia menekankan tentang perubahan paradigma dalam menggunakan aplikasi web, yaitu:

  1. Arsitektur yang memampukan partisipasi. Sebelumnya konten web hanya menayangkan tanpa diikuti aplikasi yang memungkinkan pembaca secara langsung menanggapi dan menayangkan tanggapannya. Demikian pula halaman Web 1.0 tidak mengijinkan pembaca secara langsung menayangkan konten mereka sendiri.
  2. Mengumpulkan kekayaan intelektual bersama. Pembaca yang menanggapi artikel dan menyumbangkan artikel tanpa harus tahu pemrograman HTML menjadikan semakin banyaknya konten yang bermanfaat jika dikumpulkan. Google, Yahoo, Flickr, Youtube, dan Wikipedia merupakan perusahaan-perusahaan yang awalnya kecil menjadi sangat besar dari mengumpulkan konten yang ada di internet.
  3. Pengaruh jaringan menjadikan konten suatu web yang mulanya sedikit menjadi berlipat ganda dalam waktu singkat. Ketika seseorang menayangkan artikel atau kontennya dan ditanggapi oleh orang lain yang juga mengakses konten, maka semakin banyak lalulintas pengakses. Hal itu terutama terjadi pada jaringan sosial seperti Facebook, Friendster, dan MySpace.

Pengertian Web 2.0 yang mulanya berpusat pada konsumen pembaca/pengakses secara personal berkembang dan mulai berpusat pula pada pengguna korporat. Menurut Coach Wei (2006) Web 2.0Consumer 2.0 berkembang menjadi Enterprise 2.0. Aplikasi Web 2.0 yang awal perkembangannya didominasi untuk memampukan pembaca berinteraksi dengan pembuat berita dan pembaca lainnya, dalam Enterprise 2.0 aplikasi tersebut digunakan untuk mendukung operasi perusahaan. Misalnya untuk kegiatan iklan dengan adanya Google Adsense dan kegiatan humas dibantu adanya blog korporat. yang berpusat pada konsumen ia sebut

Pengertian

Web Service Sepenuhnya berdasarkan standard web dan xml. Web Service dapat membantu:

  • Perantara pada integrasi platform sepanjang eksekusi mesin virtual.
  • Integrasi antara Web dan OO middleware.
  • Integrasi dari aliran kerja terisolasi dan sevice-service (Web Services Flow Language - WSFL).
  • Pertukaran data pada aplikasi yang berbeda-beda (X-Schema, XSLT ++)
  • (Masa depan: standarisasi dari info konteks antara web servis dan klien – integrasi servis horizontal).

  • Pemain utama dan standard-standard

Microsoft: .NET SUN: Open Net Environment (ONE) IBM: Web Service Conceptual Architecture (WSCA) W3C: Web Service Workshop Oracle: Web Service Broker Hewlett-Packard: Web Service Platform

  • Kemampuan aplikasi, fungsi atau operasi yang di ekspos untuk program lain melalui standard yang terbuka, dan interoperable.
  • “payloads” didefinisikan sebagai XML.
  • “transports” melalui http atau Internet protocol terbuka lainnya.
  • Data diakses dari berbagai bahasa pemrograman , platform hardware atau system operasi.
  • Middleware dari Internet.


Keuntungan penggunaan Web Service

  • Format penggunaan terbuka untuk semua platform.
  • Mudah di mengerti dan mudah men-debug.
  • Dukungan interface yang stabil.
  • Menggunakan standard-standard “membuka service sekali” dan mempunyai pemakai banyak.
  • Mudah untuk menengahi pesan-pesan proses dan menambahkan nilai.
  • Routing and pengiriman.
  • Security.
  • management and monitoring.
  • schema and service design.
  • Akselerasi.
  • mudah untuk mengembangkan dengan semantic transport tambahan.
  • Terbuka, standard-standard berbasis teks.
  • Pencapaian modular.
  • Tidak mahal untuk diimplementasikan (relatif).
  • Mengurangi biaya integrasi aplikasi enterprise.
  • Implementasi yang incremental.

1.4 Overview

  • XML memungkinkan pengembang software untuk meng-expose sumber daya berharga pada bentuk yang memilki interoperabilitas tinggi, dimana sumber daya ini adalah semua tipe aplikasi atau pnyimpanan data yang digunakan oleh antar organisasi. Arsitektur XML Web services mendefinisikan mekanisme standard untuk menyediakan sumber daya melalui pengiriman pesan XML. Untuk mengakses sumber daya hanya dengan mentransmisikan pesan-pesan XML melalui protokol standard seperti TCP, HTTP, atau SMTP. Kata “Web Service” (singkatnya “service”) mengacu pada bagian kode yang mengimplementasikan interface XML menjadi sumber daya, dimana bias jadi sulit diakses (lihat gambar 1).

Gambar 1: Resources(Sumber daya) and services(Web Service)

  • Arsitektur ini memungkinkan untuk konsumen dengan dukungan XML terintegrasi dengan aplikasi Web Service. Bagaimanapun, untuk memenuhi ini, konsumen harus menentukan antarmuka XML yang tepat sepanjang dengan pesan pesan yang beraneka ragam dan mempunyai detail-detail yang tepat. Skema XML dapat memnuhi kebutuhan ini karena mengizinkan pengembang untuk menjabarkan struktur dari pesan-pesan XML. Skema XML sendiri, bagaimanapun, tidak dapat menjabarkan detail-detail tambahan menyangkut komunikasi dengan Web Service.
  • Definisi skema memberitahu pesan-pesan XML apa yang dapat digunakan tapi tidak bagaimana pesan-pesan tersebut berhubungan satu sama lain. Sebagai contoh, jika ada elemen XML dinamai Add dan nama lain AddResponse, ini sepertinya kedua nama tersebut berhubungan tapi tidak dapat mengindikasikan skemanya. Oleh sebab itu, sebagai tambahan untuk mengetahui pesan-pesan, konsumen harus juga mengetahui kemungkinan pertukaran pesan yang didukung oleh Web Service (contoh:., jika anda mengirim pesan Add, anda mendapatkan pesan kembali berupa AddResponse).

Pertukaran pesan dapat dimaksudkan sebagai pertukaran operasi. Operasi-operasi yang dilakukan konsumen kebanyakan pada point penting menginteraksikan service (Lihat gambar 2). Setiap kali menggunakan Web Service, akan dilakukan inspeksi daftar operasi yang didukung untuk mendapatkan semua proses yang tersedia.

Gambar 2: Pesan-pesan dan operasi-operasi

  • Ini biasa untuk developer untuk mengelompokkan operasi-operasi terhubung menjadi antarmuka-antarmuka. Konsumen harus mengetahui pengelompokkan ini mempengaruhi cara mereka membuat kode. Ini sungguh penting untuk developer-developer yang bekerja dengan Web Service pada lingkup berorientasi objek karena antarmuka XML dapat memetakan menjadi antarmuka programmatis (atau kelas-kelas abstract) pada pilihan bahasa yang dipilih.
  • Konsumen juga harus mengetahui protocol komunikasi apa yang digunakan untuk pengiriman pesan menuju service, sepanjang mekanisme spesifik yang terlibat saat menggunakan protokol yang ditentukan seperti pada penggunaan perintah, header-header, kode error. Pembungkusan (binding) menspesifikasikan detail-detail konkrit atas apa yang terjadi pada kabel (wire) dengan mensketsakan cara penggunaan antarmuka dengan protokol komunikasi khusus. Binding juga mempengaruhi cara peasn-pesan abstract di enkodisasi pada wire dengan menspesifikasikan style dari service (document vs. RPC) dan mekanisme enkodisasi (literal vs. terenkodisasi).
  • Service dapat mendukung binding-binding ganda pada antarmuka yang ditentukan, tapi setiap binding harus dapta diakses pada alamat unik yang diidentifikasikan oleh URI, juga ditujukan sebagai titik akhir dari Web Service (lihat gambar 3).

Gambar 3: Antarmuka dan binding-binding

  • Konsumen harus mencari tahu semua detail-detail yang dijabarkan sebelum mereka dapat berinteraksi menggunakan Web Service.

Sejarah

  • Sebelum kita memasukki sejarah tentang Web Service, adabaiknya kita terlebih dahulu mebahas masalah paradigma pekembangan bahasa pemrograman terlebih dahulu.

1.2 Sejarah bahasa pemrograman adalah:

  • Pemrograman terstruktur.
  • Pemrograman berorientasi- objek.
  • Komputasi terdistribusi.
  • Pertukaran data elektronik.
  • World Wide Web.
  • Web services.

1.3 Ada pun perusahaan yang mengusulkan konsep web service adalah:

  • Hewlett-Packard's e-Speak pada 1999 adalah penyedia e-service.
  • Microsoft memperkenalkan nama "web services" pada Juni 2000.
  • Microsoft “mempertaruhkan nama perusahaan" pada strategi web service ini.
  • sekarang setiap vendor mulai menjadi “pemain”.
  • Untuk lebih lanjut mengenai perkembangan sejarah Web service yang mana cikal bakal terbentuknya dari arsitektur DCE, dapat dilihat pada gambar 4: Sejarah terbentuknya Web Service.
  • Dari gambar tersebut dapat dilihat bahwa XML Web Service mempunyai interoperabilitas yang sangat tinggi karena pengembang Web service terdiri dari banyak vendor.

referensi:


[1] http://www.ibm.com/developerworks/podcast/dwi/cm-int082206txt.html [diakses pada 22 April 2008]
[2] http://www.oreillynet.com/pub/a/oreilly/tim/news/2005/09/30/what-is-web-20.html [diakses pada 22 April 2008]
[3] Wei, Coach, Web 2.0 Re-examined: Paradigm Shift, Technology Stack, and Business Value, www.coachwei.com, 2006

[4]http://id.wikipedia.org/wiki/Situs_web